Warung Penonton

Kabar dari Pasar Klewer (SabdaSpace)

Apakah Manusia sebelum Musa mengenal tulisan?

Posted by warungpenonton pada September 30, 2008

Salam para pembaca yang budiman,

Saya sebagai seorang Kristen seringkali mempunyai pertanyaan-pertanyaan yang masih tidak terjawabkan ( belum menemukan jawaban) seputar sejarah kebudayaan dan penciptaan manusia berdasarkan Alkitab.

Alkitab pada dasarnya tidak mencatat tentang proses peradaban manusia secara lengkap.Tidak ada catatan yang mencatat kejadian sejak manusia pertama sampai kepada jaman manusia modern secara lengkap.Hal ini tentunya membuka terjadinya celah-celah sejarah yang menjadi sebuah misteri bagi kebanyakan orang.Banyak pihak-pihak yang berusaha untuk menjawab ataupun sekedar mencari tahu tentang “The Missing Link” antara jaman Adam dan Hawa sampai kepada jaman manusia modern di waktu sekarang.

Kejadian penciptaan Dunia beserta isinya memang tercatat di dalam Alkitab.Adalah Kitab Musa yang mencatat proses penciptaan Dunia beserta isinya melalui kitab Kejadian, yang merupakan salah satu kitab dari seri 5 kitab yang ditulis oleh Musa.Dalam Kitab Kejadian dicatat tentang proses penciptaan Manusia sampai pada saat kejatuhan manusia kedalam dosa, sehingga diusir keluar dari taman Eden.Akan tetapi hal tersebut hanya sebatas pada hal-hal yang menggambarkan tentang kehidupan manusia secara garis besar.Tidak disebutkan apakah manusia pada saat itu memang telah mempunyai kemampuan untuk menulis dan menyimpan catatan sejarah ke dalam bentuk tulisan/dokumen.

Yang menjadi masalah disini adalah bagaimana catatan silsilah Adam dan keturunannya serta kejadian yang dialami oleh keturunan Adam dapat diketahui dan kemudian ditulis oleh Musa di dalam kitab Kejadian?

“Huruf Paku”

Apakah mungkin manusia pertama ( Adam ) sebenarnya mempunyai kemampuan untuk menulis dan mencatat catatan sejarah ,sehingga sampai kepada tangan Musa yang kemudian menuangkannya ke dalam Kitab Kejadian?

Adam atau manusia pertama beserta keturunannya pada waktu itu hanya mengenal satu Tuhan sebagai Sang Pencipta.Oleh karena itu, jika sisa-sisa peninggalan peradaban manusia pertama sampai bisa ditemukan maka pastilah kebudayaan tersebut akan menggambarkan tata cara penyembahan terhadap Tuhan sang Pencipta sebagai satu-satunya ALLAH yang diketahui oleh manusia.

Banyak cara dan usaha yang dilakukan manusia agar dapat mencari sisa-sisa peninggalan kebudayaan di jaman Adam dan Hawa guna memberikan jawaban akan rasa keingintahuan manusia modern akan jaman dimana Adam dan Hawa pernah hidup dan bergaul langsung dengan ALLAH. Usaha untuk mencari sisa-sisa peninggalan Tulisan Pertama Manusia dan Bahasa Pertama Manusia sepertinya akan terus menjadi sebuah ambisi bagi banyak orang yang ingin mengetahuinya.

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terjawab oleh pengetahuan manusia modern.Pertanyaan-pertanyaan seperti: Siapakah yang mengajari manusia untuk berbicara/berbahasa. Siapakah yang mengajarkan manusia untuk menulis? Apakah Adam dan Hawa langsung memperoleh pengajaran tentang berbahasa dan menulis dari Tuhan ALLAH Sang Pencipta?Apakah Adam berbicara dengan menggunakan bahasa manusia pada saat berkomunikasi dengan Tuhan ALLAH di awal mula penciptaan manusia?

Akankah sisa-sisa peninggalan tersebut bisa ditemukan di kemudian hari?

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: