Warung Penonton

Kabar dari Pasar Klewer (SabdaSpace)

Ajaran Andreas Samudra

Posted by warungpenonton pada Oktober 16, 2008

Andereas Samudera dan ajarannya.

1)  Diri Andereas Samudera: kerohanian dan aliran / denominasi.

a)   Andereas Samudera jelas adalah orang dari kalangan Kharismatik, dan kelihatannya pro pada Toronto Blessing dan pada ajaran / praktek ‘tumbang dalam roh’.

Andereas Samudera: “Pengalaman pertama dengan urapan kuasa Roh Kudus saya terima ketika Penginjil Charles W. Doss datang ke Indonesia kedua kalinya yakni kira-kira bulan Juli tahun 1984. Saya mengalami rebah dalam Roh oleh penumpangan tangan beliau. Setelah itu urapan Allah yang kuat menyatakan diri dalam setiap pelayanan saya. Orang-orang rebah dalam Roh dan masuk ke alam roh. Beberapa dari mereka naik kesurga dan menyaksikan tahta Allah dan terang yang besar disana, melihat malaikat-malaikat surgawi, mulai menari dan tertawa dalam roh. Kemudian datanglah Pdt. Win Worley ke Indonesia membawa urapan api dan memulai pelayanan pelepasan yang amat banyak ditentang oleh hamba-hamba Tuhan pada waktu itu. Dari buku-buku dan perjumpaan pribadi dengan beliau saya belajar banyak menghadapi dunia setan-setan. Kemudian Penginjil Joseph Poppell datang ke Indonesia tahun 1987 mentransfer pelayanan kesembuhan mujizat dalam pelayanan saya. Banyak sekali pengalaman dalam dunia roh yang mendorong saya untuk bertanya terus menerus kepada Roh Kudus tentang dasar Firmannya. Dan Ia selalu menjawab dan menerangkan segala sesuatu yang saya tanyakan!

… Sebelum Pdt. Win Worley datang ke Indonesia, hamba-hamba Tuhan di Indonesia tentu telah banyak kali terlibat dalam pelayanan pengusiran setan-setan. Saya sendiri telah belajar melakukan pelayanan pengusiran setan sejak mula-mula memasuki lingkungan kharismatik pada tahun 1970. Tapi saya ingat waktu itu orang mengusir satu setan saja butuh waktu berjam-jam, atau kadangkala berhari-hari. Itupun harus didukung oleh satu tim yang berdoa dan berpuasa. Ketika Win Worley datang, ia mentransfer urapan Roh Kudus yang khas, yakni jenis urapan yang membuat roh-roh bermanifestasi dengan mudah, dan pengetahuan yang lebih lengkap tentang otoritas orang beriman terhadap kuasa kegelapan, hingga pelayanan pengusiran setan yang kemudian lebih populer disebut dengan nama ‘pelayanan pelepasan’ ini menjadi sangat mudah. Hanya dalam beberapa jam seseorang dapat dibebaskan dari kuasa-kuasa kegelapan lebih banyak dari pada dahulu. Kuncinya adalah urapan dan pengetahuan tentang kebenaran Alkitab. …

Pengurapan Roh Kudus membimbing hamba-hamba Tuhan memasuki realita dunia Roh dengan sangat nyata karena manifestasi-manifestasi roh jahat melalui orang-orang yang dilayani. Bersamaan dengan itu realita hadirnya malaikat-malaikat Tuhan juga makin nyata. Tentu saja setiap pengalaman baru disertai dengan hal-hal ekstrim dan menghasilkan ekses-ekses” – ‘Dunia Orang Mati’, hal 11-13.

Komentar saya:Pdt Budi Asali

‘Tumbang dalam roh’ maupun ‘tertawa dan menari dalam Roh’ (Toronto Blessing) jelas merupakan pekerjaan kuasa gelap! Orang-orang yang pro pada Toronto Blessing harus menjawab pertanyaan ini: kalau Toronto Blessing memang merupakan pekerjaan Tuhan, mengapa sekarang boleh dikatakan musnah?

Kalau saudara mau tahu lebih jelas tentang Toronto Blessing bacalah buku saya yang berjudul ‘Toronto Blessing: Alkitabiahkah?’.

Karunia tidak bisa ditransfer! Dasarnya adalah:

*1Kor 7:7 dimana Paulus berkata: “Namun demikian alangkah baiknya, kalau semua orang seperti aku; tetapi setiap orang menerima dari Allah karunianya yang khas, yang seorang karunia ini, yang lain karunia itu”.

*1Kor 12:11 – “Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendakiNya”.

*1Kor 12:18 – “Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendakiNya”.

*Ro 12:4-8 – “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita”.

Ayat-ayat di atas ini menunjukkan bahwa pemberian karunia yang berbeda-beda untuk setiap orang itu dilakukan oleh Tuhan sesuai kehendakNya, dan tidak bisa diatur sesuai kehendak orangnya. Yang harus kita lakukan bukanlah mencari karunia yang tidak kita miliki, tetapi menggunakan karunia yang kita miliki, atau melayani sesuai dengan karunia yang ada pada kita, seperti yang ditekankan Ro 12:4-8 di atas.

Urapan roh juga tidak bisa ditransfer. Makin seseorang menguduskan dirinya, makin ia diurapi oleh Roh Kudus, dan ini tidak mungkin ditransfer kepada orang lain.

Mengapa ‘setiap pengalaman baru tentu disertai dengan hal-hal ekstrim dan menghasilkan ekses-ekses’? Mengapa dalam Kis 2, rasul-rasul bisa mengalami pencurahan dan kepenuhan Roh Kudus yang disertai dengan bahasa roh, yang sekalipun merupakan pengalaman baru bagi mereka, tetapi tidak mengalami hal-hal extrim dan tidak menghasilkan ekses-ekses? Mungkinkah karena itu berhubungan dengan roh yang lain (bdk. 2Kor 11:4)?

b)   Penekanan ‘pengalaman’ dalam kepercayaan, ajaran maupun prakteknya.

Dalam bagian-bagian tertentu dari bukunya yang berjudul ‘Dunia Orang Mati’, ia berkata bahwa Kitab Suci itu penting, dan bahwa pengalaman tidak boleh diajarkan kecuali didukung oleh ayat-ayat Kitab Suci, seperti dalam kutipan-kutipan di bawah ini:

Andereas Samudera: “Banyak sekali pengalaman dalam dunia roh yang mendorong saya untuk bertanya terus menerus kepada Roh Kudus tentang dasar Firmannya” – ‘Dunia Orang Mati’, hal 12.

Andereas Samudera: “Antara Firman Tuhan atau dasar alkitabiah dan pengalaman harus ada keseimbangan. Yang saya maksud adalah bahwa setiap doktrin atau ajaran tentang suatu kebenaran, harus disertai pengalaman yang nyata atau demonstrasi oleh kuasa Roh Kudus. Pengajaran yang tanpa disertai manifestasi Roh Kudus selalu akan menjadi ajaran kering dan mati yang membosankan karena tak riil dan tak dapat dipraktekkan oleh orang beriman.

1Kor 14:20 – Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.

Banyak komentar negatif yang cenderung mengingkari gunanya suatu pengalaman pribadi dengan Roh Kudus untuk menolak pengajaran-pengajaran baru yang muncul akhir-akhir ini. Ungkapan ini populer sekali sekarang: ‘Tidak boleh menjadikan pengalaman pribadi sebagai dasar suatu pengajaran!’ Ungkapan ini tak salah, bahkan saya setuju sekali! Hanya kecenderungan takut bahwa pengalaman pribadi itu selalu sesat, ini tak dapat saya terima. Sebaliknya bila seseorang menemukan suatu kebenaran Alkitab, seharusnya ia belum boleh mengajarkannya kepada orang lain sebelum orang itu sendiri mengalami apa yang diajarkannya, atau setidak-tidaknya didukung oleh pengalaman-pengalaman orang lain. Bila tidak, ajaran itu akan menjadi teoritis saja. Pengajaran Alkitab tanpa dukungan pengalaman adalah pengajaran teoritis yang cenderung tersesat ke dalam interpretasi-interpretasi akal manusia yang menyesatkan. Sebaliknya juga pengajaran-pengajaran yang hanya berdasar pada pengalaman-pengalaman pribadi tanpa didukung kebenaran atau ayat-ayat Alkitab yang tepat juga sangat berbahaya karena setan-setan dapat menyesatkan melalui manifestasi-manifestasinya. Harus ada keseimbangan antara Firman dan pengalaman dengan Roh Kudus” – ‘Dunia Orang Mati’, hal 15-16.

Komentar saya: adalah suatu omong kosong untuk mengatakan bahwa suatu pengajaran dari Alkitab baru boleh diajarkan setelah orangnya mengalaminya, karena kalau tidak maka itu hanya merupakan suatu pengajaran teoritis yang menyesatkan. Kalau demikian bagaimana misalnya dengan:

*ajaran tentang mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan pikiran (Mat 22:37)? Saya yakin tidak ada orang yang bisa mengalami kebenaran ini secara sempurna. Jadi, apakah kita tidak boleh mengajarkannya?

*ayat-ayat Kitab Suci tentang surga dan neraka. Siapa orang yang masih hidup yang pernah mengalaminya? Jadi, apakah itu semua tidak boleh diajarkan?

Andereas Samudera: “2Korintus 13:1 – Ini adalah untuk ketiga kalinya aku datang kepada kamu: Baru dengan keterangan dua atau tiga orang saksi suatu perkara sah.

Saya setuju dengan Kenneth Hagin yang mengajar orang Kristen tentang iman, bahwa setiap kebenaran Alkitab harus didukung oleh dua atau tiga saksi baru sah untuk diajarkan. Suatu pengalaman pribadi dengan Roh Kudus seringkali menuntun kita masuk ke dalam suatu kebenaran baru yang hendak dinyatakan oleh Roh Kudus kepada GerejaNya. … … Tapi tiap pengalaman itu harus didukung oleh dua atau tiga ayat yang tepat dari Alkitab, baru dapat diajarkan dengan sah. …  Walau begitu kita tetap harus berpegang, sedikitnya harus ada dua atau tiga ayat yang mendukung suatu pengalaman agar dapat diajarkan kepada orang lain. Ini adalah double atau triple precision namanya. Prinsip itu juga yang saya anut dengan ketat selama ini” – ‘Dunia Orang Mati’, hal 16-17.

Tetapi kalau kita membaca bukunya dengan teliti sambil memperhatikan persoalan ini, maka terlihat jelas bahwa Andereas Samudera adalah orang yang tidak terlalu mempedulikan Kitab Suci dan sangat menekankan pengalaman sebagai dasar kepercayaan maupun ajaran dan praktek-praktek yang ia lakukan. Ini terlihat dari kutipan-kutipan di bawah ini:

Andereas Samudera: “Buku ini ditulis setelah bertahun-tahun saya mengalami pengalaman-pengalaman dengan urapan kuasa Roh Kudus. Pada mulanya saya enggan menuangkan seluruh pengalaman tentang dunia orang mati ke dalam bentuk sebuah buku, karena saya tahu betul ini akan lebih menambah besarnya reaksi dari kalangan orang percaya di mana-mana” - ‘Dunia Orang Mati’, hal 6.

Ia sendiri yang mengatakan bahwa bukunya ini merupakan pengalamannya!

Andereas Samudera: “Roh-roh berbentuk binatang” - ‘Dunia Orang Mati’, hal 8.

Pertanyaan saya: ini betul-betul sepenuhnya berdasarkan pengalaman, karena mana dasar Kitab Suci tentang adanya ‘roh-roh berbentuk binatang’?

(Bersambung ke Bag 2)

About these ads

19 Tanggapan to “Ajaran Andreas Samudra”

  1. Kris said

    Pak Budi…
    Tuhan itu TUHAN yang bergerak saya kira jaman sekarnag juga tidak ada lidah2 api seperti yang ada di loteng Yerusalem seperti waktu murid2 dipenuhi dengan RK. Menurut saya TUHAN punya seribu satu cara untuk memberikan urapannya terhadap anak2Nya. Rasanya kita tidak perlu menghakimi apakah itu benar atau salah, hanya TUHANlah hakim yang adil.Memang banyak ajaran sesat akan muncul, tapi kita tetap tidak berhak menghakimi.

    Menurut bapak karunia dan urapan itu sama atau beda? Yang bapak jadikan dasar di atas bukanllah urapan tapi karunia… cth urapan bisa dipunyai seseorang tanpa ada sebuah karunia (Saul). jadi memang urapan mempunyai power dan Daud tau akan hal itu, oleh karena itu dia tidak berani kepada Saul meski dalam konteksnya Daud adalah pihak yang benar.

    Untuk bagian komentar bapak Budi
    “Komentar saya: adalah suatu omong kosong untuk mengatakan bahwa suatu pengajaran dari Alkitab baru boleh diajarkan setelah orangnya mengalaminya, karena kalau tidak maka itu hanya merupakan suatu pengajaran teoritis yang menyesatkan. Kalau demikian bagaimana misalnya dengan:

    *ajaran tentang mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan pikiran (Mat 22:37)? Saya yakin tidak ada orang yang bisa mengalami kebenaran ini secara sempurna. Jadi, apakah kita tidak boleh mengajarkannya?

    *ayat-ayat Kitab Suci tentang surga dan neraka. Siapa orang yang masih hidup yang pernah mengalaminya? Jadi, apakah itu semua tidak boleh diajarkan? ”

    Menurut saya yang dimaksudkan adalah kalo kita dapat lebih dahulu melakukan FT maka apa yang kita beritakan lebih powerfull dari pada kita belum dapat melakukannya. Memang ada bagian yang saat ini belum dapat kita lakukan, tapi itu semuanya proses, TUHAN selalu memproses org yang dikasihinya, jadi menurut saya tidak ada salahnya untuk mengajarakan atau mengajak org untuk melakukan bersama2 hal yang mgkn blm dapat dilakukan dengan sempurana.

    Sebagai saran saja, lebih baik bapak tidak terlalu cepat mengahakimi sebuah ajaran, kalau bisa bertemulah dahulu, kenalilah dulu bagaimana orangnya yang mengajar dan tentunya buahnya. Karena FT mengatakan kita hanya bisa tau itu benar atau tidak dari buahnya.
    TUHAN MEMBERKATI

  2. otniel said

    pak,
    tolong kirim alamat email bapak Andreas Samudera ke email saya dong..

  3. crashoverride said

    Tulisan begini gak perlu ditanggapin serius, memahami alkitab berdasarkan intepretasi pribadi dengan comat comot ayat semau gue.

  4. swan said

    Surat ini SEBAGAI KESAKSIAN dari RT yg berantakan karena ajaran AS dan AKAN DIPERTANGGUNGJAWABKAN AS DI AKHERAT KELAK, sbb :Ajaran Sdr.Andreas Samudra (AS) telah merusak Rumah Tangga saya yang sebelumnya damai, walau kami berbeda kejakinan, saya Katholik yg taat dan suami umat GPIB yg baik. Kemudian suami entah bgmna TERJERAT OLEH UMATNYA AS.Mungkin mental suami lemah ketika itu atau sudah demikian mental dari umat2 gereja Protestan yg kadang manusianya tdk pernah puas terhadap ajaran pendeta2nya sehingga mudah ikut ikutan atau bila merasa tidak sejalan akan buku gereja baru, sampe melencengpun mrk tdk sadar penting sudah menyebut dan ada stempel KALIMAT FIRMAN ALLAH yng ada di ALKITAB tanpa ditelusuri lagi dengan cerdas, Jadi suami sy mungkin tipe yg demikian. Hal lain lagi juga ada pada umat Katholik yg terjerat ajaran konyol tsb, saya kira umat katolik tsb kurang mendalami Kekayaan Informasi dari gerejanya sendiri. Akibat jeratan tsb sekarang suami terhadap saya jadi aneh, dikit dikit saya dikatain kerasukan iblis, pada hal saya berkomentar biasa layaknya diskusi RT. Sekarang saya terus diancam ancam untuk ditinggalkanbila tidak ikut ajaran tsb, tapi karena saya Pengikut SEJATI KRISTUS YG PANTANG Menyerah , saya setia terus dan selalu bilang ok saya ikut, tapi entah itu suatu mijizatuntuk saya,Tuhan selalu memberi halangan agar tdk terlibat, dpt tugas kerja dsb,aneh kn… ya pokoknya hidup RT yg g jelas tapi saya setia terus….sementara anak2saya liat ayahnya demikian malah ikut meenjadi umat katholik yg saleh,tapi juga kadang anak2 berbohong seolah olah ikuti ajaran ayahnya HANYA AGAR BISA TETAP DIBIAYAI SEKOLAH.Jadi para pembaca ada nasihat untuk para pengikut AS? Saya tidak butuh nasihat karena saya sdh kebal hadapi kata2 suami yg berhub.dengan ROH entah roh apaan…MOHON DOA SAJA AGAR SAYA MENJADI TELADAN UNTUK KUAT DALAM IMAN DAN NALAR agar tetap cerdas tidak tergoda….terimakasih. thr.swan.

  5. hendra said

    Sobat semua,

    Sangat sederhana Tuhan Yesus berikan ciri-ciri pengikutNya yang sejati Markus 16:17-18

    Kalau belum bisa atau tidak punya pengalaman satu persatu yang Tuhan Yesus sebutkan itu, artinya…. ya namanya Kristen GR…

    Ciri-ciri itu bukan ditujukan kepada Pendeta atau yang berstatus orang suci. Tapi ciri-ciri itu melekat pada setiap pribadi yang menerima Tuhan Yesus… nah bagi yang belum bisa atau belum ada pengalaman dengan ciri-ciri itu… segeralah sadar… dan keluar dari rasa GR…

    Bagaimana supaya saya memiliki ciri-ciri itu dan supaya saya tidak GR?

    Silahkan buka http://www.takhtayesus.com dan hubungi tim pelayan yang akan menolong anda semua menjadi tidak GR lagi….

    Salam
    Hendra Pardede

  6. Michael said

    saya tertarik dgn pengajaran bapak Andreas , bisa minta alamat email…or cabang di semarang tidak? terima kasih.

  7. hick mattissa said

    saya,tertarik untuk membaca buku dunia orang mati,dimana saya bisa mendapatkannya lagi?bisa minta emailnya pak Andreas?dimana saya bisa konseling,bisakah saya dilayani lewat online,karena saya ada dikota Batam?trimakasih,,

  8. firm said

    untuk semua yang menulis , kadang ada pengetahuan yang teoritis namun sama sekali tak berguna karena prakteknya dak ada yang bisa, untuk apa. Banyak omong karena tahu firman tanpa disertai praktek dan tuntunan roh Allah juga omong kosong. Yesus telah membuktikan pada para ahli taurat, mereka tahu banyak namun tak mengenal Yesus malah merekalah yang tidak mepraktekkan sesuai dengan pimpinan roh. Yesus dikira orang gila dan kemasukan setan. bukankan ini sama sama mereka yang tahu firman prakteknya gak ada becusnya cuma omong doang dan seolah mengaggap pekerjaan roh itu omong kosong. Apa beda nya kamu dengan para ahli taurat dahulu, yang pada akhirnya adalah pembunuh. Yesus di bunuh karena satu alasan , Ia di bunuh karena alasan ia sama dengan Allah. Memang Dia Allah. so, how pity you are , if you not weel who is Jesus? who is the Holy spirit to help you? find the everthing mistery in our life . jangan cuma tahu taurat seperti mereka yang membunuh Yesus , jangan jangan kamu pun demikian , mau membunuh juga orang yang telah di beri kan pengalaman dan pimpinan roh Allah . Apa kamu juga mau seperti pembunuh Yesus itu?.

  9. uli said

    Saya diberkati dengan buku-bukunya P.Andreas Samudera.khususnya Posisi anak Allah dan Lebih dari Pemenang thanks …

  10. PETRA said

    pak, itu tandanya akhir zaman yang sesat biarlah tersesat,yang berdosa biarlah berdosa toch kita ga’tahu klo da’ mati masuk mana yang jelas tubuh ni pasti busuk jadi tanah he…he….smangggggggaaaaaaaaaaaat………….

  11. nehemia said

    dokter asali memang cacat… Dokter asali yang sebenarnya sesat.. Pak andereas samudera tidak seperti itu.. Anda sakit hati doang sama pak andereas

  12. dani said

    Pak….Andreas yang TUHAN YESUS kasihi…..selamat menjalani perutusan dengan suka cita upah menanti_Mu

  13. dani said

    Siapapun kita kalau tidak mengerti kitab suci maupun kuasa ALLAH = S E S A T
    .
    .
    .
    YESUS BERKATA :……”kamu sesat” sebab kamu “TIDAK MENGERTI KITAB SUCI MAUPUN KUASA ALLAH”……

  14. ve said

    yg mau tau coba buka web ini http://www.revivaltm.com

  15. Bambang santoso said

    Pak Andreas saya ingin melihat lebih dalam pengajaran bapak,kalo di jakarta dimana ya?thanks

  16. Abigail said

    * Tujuan iman kita adalah keselamatan jiwa kita.(1Pet 1:9)
    * Siapa beriman dan dibaptis akan diselamatkan.(Mrk 16:16)
    * Kita dibenarkan karena iman kita.(Rom 3:28)
    * Iman kpd Yeshua sbg Meshiah.(Mat 16:16)
    * Iman dan meneguhkan Torat.(Rom 3:31)
    * Keselamatan itu karunia.(Ef 2:8)
    * Wajib Berbuat Kasih.(Mrk 12:30)
    SAYA TDK MENEMUKAN AJARAN “TUMBANG TUMPANG TANGAN” DL KITAB SUCI.

  17. Johanes said

    Shalom saudara semua, damai Kristus ada padamu.
    Bagi saudara-saudara yang menginginkan informasi tentang Ev. Andereas Samudera, bisa menghubungi melalui web dibawah ini:
    http://www.revivaltm.com/kontak-kami/sekretariat-rtm-pusat.html

    Atau ke no telp pribadi: (Hp) 0816620286 ;
    Alamat rumah: Jl. Cipaku Indah I No. 4, Bandung 40143 Indonesia

    Email: andereas.smdr@gmail.com

    Sekretariat RTM Jakarta: Ferry Oktavianes
    Green ville Blok BF – 11 Jakarta Indonesia
    Telp: 021-56963758 081316034034
    Email: fery_oktavianus@yahoo.co.id

    Sekretariat RTM Semarang: Bp. Bambang. S
    024-76634773

    TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA.

  18. Jepo said

    ^ Saya pernah mengalami penglihantan pada suatu acara ibadah doa dan puasa, pada saat seorang hamba Tuhan sebagai tamu Gembala mengundang Pdt. Gereja Lokal yaitu Gembala kami untuk di doakan, waktu hamba Tuhan itu berdoa dan jemaat mengangkat tangan saya melihat secara terbuka dalam ruangan Gereja keadaan seperti sudah agak malam, tapi saat itu masih jam 15.00 dan lidah-lidah api turun diatas kita semua saat itu dan kita mengalami Roh-Nya Tuhan, jadi saya percaya firman Allah apa yang diucapkan Tuhan Yesus pasti ada dan hanya oleh kasih karunia dari-Nya untuk melihat pekerjaan-Nya yg luar biasa dan dasyat itu amin. Gbu ^

  19. SANDY said

    SEMAKIN DEWASA IMAN DAN PENGALAMANNYA BERJALAN BERSAMA ROH KUDUS SESEORANG MAKA IA AKAN SEMAKIN MENGERTI SETIAP KEGERAKAN YANG TERJADI. TIDAK SEMUA KEGERAKAN ITU SAMA, ROH KUDUS AKAN MENGILHAMKAN KEPADA KITA KARUNIA SESUAI DENGAN KAPASITAS YANG KITA MILIKI. JADILAH DEWASA SAUDARAKU,…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: