Warung Penonton

Kabar dari Pasar Klewer (SabdaSpace)

Ponari : usaha-usaha menjual mimpi…

Posted by warungpenonton pada Februari 26, 2009

Salam para pembaca,

Siapakah yang tidak kenal dengan nama Ponari, bocah asal Jombang yang dihebohkan secara tidak tersengaja telah menemukan “Batu Sakti” yang konon berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Menurut rumor,Ponari diceritakan menemukan sebuah batu sakti disaat sedang bermain-main dibawah guyuran hujan.Pada saat itu, dikatakan bahwa Ponari sempat “disambar” oleh geledek, sebelum ahirnya menemukan jodoh dengan batu sakti mandraguna yang kemudian menghebohkan seantero Jombang.

Sejak saat itu beredarlah kabar seantero Jombang bahwa batu temuan Ponari ternyata memiliki isi/ penghuni yang dikenal dengan panggilan Rono ( roh batu kok namanya rono..he he he..).

Beredar juga kabar bahwa roh penghuni batu tersebut telah memerintahkan bocah Ponari untuk memulai praktek pengobatan bagi khalayak ramai.

Pokoknya khasiat batu tersebut dikatakan sangatlah multi fungsi, multi guna, dan sangat tokcer.Segala macam jenis sakit penyakit dipercaya dapat disembuhkan melalui teknik pengobatan ala Ponari yang tentunya dilakukan dengan bantuan media batu nan sakti mandraguna.

Mungkin banyak diantara para pembaca yang sudah mengetahui bahwa teknik penyembuhan yang dilakukan oleh Ponari melibatkan/menggunakan medium air, dimana air putih/mineral biasa dipercaya akan berubah menjadi air sakti berkhasiat jika sampai bersentuhan dengan si batu sakti.Oleh karena itu maka Ponari dalam pelaksanaannya seringkali mencelupkan batu sakti tersebut kedalam gelas/wadah air ,sebelum air rendaman batu sakti tersebut diminumkan kepada orang-orang yang ingin sembuh dari penyakit yang mereka derita.

INDONESIA/

“Ponari mencelupkan batu ke media air”

Para pembaca yang budiman, jika kita menyingkapi fenomena Ponari maka sekilas kita akan berpikir mengenai kemampuan penyembuhan ala Ponari dan Batu Ajaibnya. Apakah betul Ponari dan batu Ajaib bisa menyembuhkan bermacam-macam penyakit seperti yang dikatakan oleh banyak orang?

Apakah betul bahwa roh penunggu batu milik Ponari mempunyai kesaktian yang bisa menyembuhkan sakit penyakit? Penulis seringkali bertanya-tanya di dalam hati mengenai hal-hal tersebut.Alangkah hebatnya Ponari dan Batu Ajaib made in Jombang tersebut jika memang benar-benar mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit tampa melalui media obat-obatan.

Jikalau memang benar batu yang dicelupkan kedalam air dapat meyembuhkan beragam penyakit, tentunya ini merupakan sebuah penemuan yang besar!!!!!

Sampai saat ini saya masih rajin mengikuti perkembangan berita tentang Ponari.Bukan apa-apa…… saya sedang menunggu berita tentang orang-orang yang berniat untuk menyelidiki dan meneliti batu dan air ala Ponari secara ilmiah agar dapat dijelaskan apa yang sebenarnya dipercaya oleh masyarakat Jobang tersebut.

Memang heran, setelah beberapa korban jiwa berjatuhan serta munculnya kabar tentang kemungkinan penipuan serta pembodohan masyarakat, pemerintah pusat dan daerah masih saja acuh beiii’beeh dalam menanggapi kasus Ponari. Alih-alih meneliti air dan fenomena batu ajaib, mentri kesehatan malah tidak berani mengemukakan opininya terhadap kasus Ponari ( cuplikan berita ttg Menkes-Ponari klik di sini).

Pemerintah daerah juga malah terkesan melindungi praktek-praktek ala Ponari di sekitar Jombang.Apakah mungkin ,Jombang yang juga terkenal sebagai kota Santri ternyata banyak berisikan orang-orang yang percaya kepada tahayul/mistik ?

Hanya ada dua kemungkinan atas kesaktian Ponari:

1) Ponari benar-benar sakti dan bisa menyembuhkan.

2) Ponari hanyalah alat yang digunakan untuk mendukung kepercayaan mistik yang digunakan untuk alat pencetak uang….alias….semua kabar tentang Ponari adalah Bo’ong besar!!!!!

Nah, siapakah yang seharusnya bertanggung jawab untuk menjari jawaban atas hal-hal di atas?

Pemerintah? rakyat Jombang? Pemda Jombang? MUI? FPI?

Pada kemana orang-orang yang biasanya suka sok concern…..kok nggak kelihatan batang hidungnya?

Sekarang ini, selain Ponari juga telah muncul Dewi yang juga mengaku memiliki batu ajaib.Yang lebih lucu lagi adalah pengakuan dari pihak Dewi yang mengaku bahwa penunggu batu miliknya bersaudara dengan penunggu batu milik Ponari ( aya-aya wae…).

Para pembaca yang budiman, mungkinkah fenomena Ponari menular ke daerah-daerah lain di kemudian waktu?Mengingat tidak adanya tindakan pengawasan dari pemerintah serta pihak-pihak berwenang yang terkait.

Kasus Ponari jika diamati secara cermat terlihat sebagai sebuah fenomena dimana kelompok masyarakat yang masih mempercayai hal-hal tahayul dan irasional ,termakan umpan serta bereaksi terhadap Ponari (sebagai pihak yang melemparkan umpan).

Ponari memang hanyalah seorang bocah yang masih polos.Akan tetapi di belakang Ponari terdapat orang-orang dewasa yang bermain dan menyetir Ponari agar keadaan yang sedang berlangsung dapat memberikan hasil yang maksimum bagi mereka.

Ponari sekarang telah berkembang menjadi sebuah alat penghasil uang bagi pihak-pihak tertentu.Uang pulalah yang menjadi pemikat bagi duplikat-duplikat Ponari di sekitar Jombang untuk memulai praktek pengobatan ala Ponari.

Selain daripada hal-hal di atas, penulis kembali menekankan beberapa point yang tentunya sering menjadi pertanyaan seputar praktek pengobatan ala Ponari.

Beberapa pertanyaan seperti:

Siapakah yang pernah mencatat jenis-jenis penyakit yang pernah disembuhkan oleh Ponari?

Siapakah yang tahu persis, berapa jumlah orang yang telah sembuh dan yang tidak sembuh setelah meminum air Ponari?

Kemanakan orang-orang yang pernah disembuhkan oleh Ponari, bagaimanakah nasib mereka?

Apakah terdapat perubahan terhadap air, sebelum dan sesudah dicelup dengan batu Ponari?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sepertinya sengaja dibiarkan tidak terjawab, oleh karena tidak adanya pihak-pihak yang pedulu untuk mencari tahu akan hal-hal tersebut.Keadaan juga diperparah dengan pemerintah yang terkesan menutup sebelah mata terhadap kasus Ponari.

Selama pihak pemerintah dan pihak berwenang terkesan hanya berdiam diri, maka Ponari-ponari lain akan terus bermunculan.Proses pembodohan masyarakat akan terus berlangsung,dimana tentunya hanya akan menghasilkan kualitas masyarakat yang antipati terhadap hal-hal yang rasional.

Menyedihkan memang….tapi memang itulah keadaan masyarakat kita.Masyarakat yang sangat percaya terhadap hal-hal tahayul dan mistik melebihi akal pikiran rasional.masyarakat yang memilih air Ponari daripada obat doktor.

sebagai penutup, penulis sekedar menghimbau para pembaca agar Fenomena Ponari tidak sampai terjadi di dalam komunitas ke-Kristenan (semoga…).

Di dalam komunitas Kristen, mungkin kita tidak akan menemui Ponari….. Akan tetapi terdapat kecenderungan dimana penyembuh-penyembuh Kristen juga beraksi mirip seperti Ponari.

Mungkin media yang mereka gunakan bukanlah batu ajaib beserta air.

Mungkin mereka juga bukan berwujud bocah kecil yang polos.

Para pembaca yang budiman….

Say NO kepada praktek ala Ponari!!!!!!

From OZ…far…far..away

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: